Pjs Pertamina RU II Dumai, Joko Pranoto menerima anugerah wajib pajak terbaik oleh Pemerintah Kota Dumai.(foto Xnewss)

SOROTLENSA, DUMAI - Salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) adalah mendorong masyarakatnya untuk sadar membayar pajak.

Sebagaimana yang dilakukan Pemerintah Kota Dumai dalam rangka menjaga kemantapan dan kestabilan pendapatan negara melalui penerimaan pajak daerah.

Hal ini disampaikan Wali Kota Dumai,  Zulkifli As kepada media belum lama ini. Tentunya hal ini 'dibarengi' dengan kerja keras para aparat pajak, menambah jumlah wajib pajak, serta perluasan dasar pengenaan pajak untuk menggali potensi pajak tersebut.

Ini dilakukan demi menjamin kepentingan rakyat sehingga pemerintah melakukan reformasi secara menyeluruh guna menempuh langkah strategis.

"Tujuannya agar pembangunan dapat berjalan dengan baik di atas segala-galanya dan dilaksanakan secara berkesinambungan,"timpalnya.

Hal ini telah diatur dalam UU nomor 28 tahun 2009 tentang pajak daerah dan retribusi daerah yang sah, dimana disebutkan bahwa pajak daerah merupakan salah satu komponen dan sumber PAD yang menjadi instrumen penting guna membiayai penyelenggaraan pembangunan.

Dikatakannya, mengingat penting dan strategisnya peran pajak daerah tersebut, pemerintah melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) sebagai instansi pelaksana pemungutan pajak daerah terus berupaya mengoptimalkan penerimaannya baik berupa kegiatan intensifikasi, ektensifikasi, dan modernisasi pengelolaan maupun pemungutannya.

Sebagai bentuk komitmen dan apresiasi pemerintah kepada wajib pajak yang ikut berpartisipasi dalam memberikan kontribusinya untuk mendukung penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan, maka terlaksana pula malam anugerah bagi wajib pajak terbaik yang digelar Pemko Dumai beberapa waktu lalu.

"Dimana kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan insentif dan motivasi kepada wajib pajak yang telah taat, jujur dan patuh dalam memenuhi kewajibannya,"ungkap Zul As.

"Kepedulian mereka membayar tepat waktu ini, salah satunya membantu pemerintah dalam menyukseskan pembangunan,"tutur dia.

Makanya, ia juga mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar terus meningkatkan kesadaran dan kepedulian membayar pajak.

"Semoga dharma bakti dan partisipasi dalam membayar pajak ini memberikan manfaat yang besar bagi pembangunan Kota Dumai yang kita cintai ini,"ajaknya sembari menutup.(red)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.