Bupati Rohil Suyatno didampingi Wabup Rohil, Jamaludin bersama Sekdakab Rohil, Surya Arfan dan Kadiskes Rohil Dahniar saat membuka kegiatan Germas dan pesta rakyat dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 74 di lapangan KONI Bagansiapiapi.

BAGANSIAPIAPI - Bupati Rokan Hilir (Rohil), Suyatno secara resmi membuka kegiatan penggerakan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) dan pesta rakyat dalam rangka memeriahkan hari Kemerdekaan RI ke 74 di lapangan KONI Bagansiapiapi, Kamis (29/8/2019).

Pada sambutannya, Bupati Suyatno menyampaikan kegiatan ini, untuk menjawab tantangan kesehatan yang terjadi saat ini di Indonesia dalam menghadapi triple burden.

Triple burden yang dimaksud adalah sebagai negara berkembang, Indonesia masih dilanda penyakit infeksi, penyakit tidak menular (PTM) dan penyakit yang seharusnya sudah teratasi.

Untuk mengatasi hal itu, diperlukan adanya pendekatan promotif dan preventif dalam menjawab berbagai tantangan kesehatan tersebut.

"Karena pada dasarnya pencegahan penyakit menular maupun tidak menular sangat tergantung pada prilaku individu,” terangnya.

Menurutnya, dengan diluncurkannya program germas ini, secara sistematis pemerintah bersama seluruh komponen bangsa dengan penuh kesadaran, kemauan dan kemampuan untuk berprilaku sehat demi meningkatkan kualitas hidup.

"Sehingga terciptanya lingkungan yang bersih. Maka dari itu pelaksanaan germas ini memang perlu dilakukan oleh semua lini masyarakat termasuk semua lintas sektor,"ujarnya singkat.

Saat Bupati Suyatno memberikan vitamin A secara simbolis kepada siswa SD yang ikut serta dalam kegiatan germas dan pesta rakyat di Kota Bagansiapiapi.
Hal senada juga dikatakan Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Rohil, Dahniar. Menurutnya, germas sendiri harus dimulai dari lingkungan keluarga terlebih dahulu.

Sebab keluarga merupakan bagian dari masyarakat terkecil yang dapat membentuk kepribadian, tentunya ini merupakan proses pembelajaran menuju kemandirian.

"Sedangkan keluarga yang sehat akan mudah menciptakan germas itu sendiri,"paparnya menjelaskan.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Kementerian Kesehatan (Permenkes) nomor 39 tahun 2016, dimana program Indonesia Sehat itu melalui pendekatan keluarga yang dijadikan sebagai prioritas pembangunan tahun 2016-2019.

Adapun kegiatan germas itu di antaranya dengan cara melakukan aktifitas fisik, mengkonsumsi sayur dan buah, tidak merokok serta tidak minum alkohol.

"Selanjutnya memeriksa kesehatan secara rutin, lalu membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban,”terang Dahniar.

Untuk kegiatan germas sebdiri diisi dengan pemberian obat cacing, vitamin A dan obat penambah darah yang dilakukan langsung secara simbolis oleh Suyatno kepada salah seorang pelajar SD saat acara berlangsung.

Sementara pada acara pesta rakyatnya, Pemkab Rohil sendiri menggelar berbagai perlombaan seperti lomba maraton 10 km, tarik tambang, lari menggunakan karung goni, panjat pinang dan lain sebagainya.

Dihadiri langsung oleh Waki Bupati Rohil, Jamaludin, Sekretaris Daerah Kabupaten Rohil, Surya Arfan beserta jajaran forkopimda Kabupaten Rohil.(adv)

Penulis : Alidrus

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.