Foto bersama Bupati Rohil Sukiman, Kades Sukadamai Afrizal dan segenap staf BUMDes Damai Mandiri di Desa Sukadamai, Kecamatan Ujung Batu
UJUNGBATU - Musyawarah pertanggung jawaban tahunan Badan Usaha Milik Desa (MPTBUMdes) Desa Sukadamai Kecamatan Ujungbatu Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), dihadiri langsung oleh Bupati Sukiman beberapa waktu lalu.

Pada sambutannya, Kepala Desa Sukadamai Afrizal menjelaskan secara rinci mengenai laporan pertanggungjawaban BUMDes Damai Mandiri tahun buku 2019, adapun jumlah laba kumulatif tahun 2019 mencapai Rp75.082.516,-.

"Laba ini meningkat jika dibanding dengan tahun sebelumnya yang berkisar Rp65 juta,"ungkap dia.

Ditambahkan Afrizal, mengenai laba kumulatif ini dibagikan untuk cadangan modal, pendapatan asli desa (PADes), bantuan rumah tangga miskin (RTM), diklat, biaya MPTB, doorprize, inventaris, bonus pelaku serta kegiatan sosial.

Untuk modal usaha BUMDes Damai Mandiri, dari modal awal sebesar Rp410 juta, kini bertambah sebesar Rp135 juta yang berasal dari suntikan bantuan keuangan (Bankeu) Provinsi Riau tahun 2019.

"Dan unit usaha yang dikelola oleh BUMDes juga terus dikembangkan, dimana yang awalnya hanya membuka unit simpan pinjam. Mulai tahun 2019 sudah dibuka unit BNI Link yang melayani tabungan, pengiriman uang,"terang Afrizal.

"Tak itu saja saat ini BUMDes tengah menggalakkan program pertanian yaitu kebun buah melon, semangka dan sayuran yang ditanam di lahan seluas 2 hektare di lahan milik Desa Pematang Tebih,"terangnya panjang lebar.

Sementara itu, Bupati Sukiman dalam arahannya memberi apresiasi kepada pengurus BUMDes Damai Mandiri, dimana laba yang diperoleh BUMDes ini cukup besar jika dibandingkan dengan beberapa BUMDesa lainnya yang modal usahanya terus menyusut bahkan habis.

"Kita harap usaha yang ada terus dikembangkan, dan terus berinovasi membuka unit usaha-usaha lain yang dapat mendongkrak perekonomian desa. Karena adanya BUMDesa ini bukan hanya sebagai badan usaha, melainkan bisa mendorong masyarakat menciptakan ekonomi mandiri,"sebutnya menimpali.

Bagi dia kehadiran BUMDes ini  tentunya sangat bermanfaat dalam meningkatkan ekonomi kemasyarakatan, dan juga meningkatkan perekonomian desa, pendapatan asli desa.

"Termasuk pengelolaan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat serta menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa,"tukasnya.(des)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.