Ketua KKTMS Kota Dumai, Saiful Darmadi yang baru saja dilantik berikan sambutannya
DUMAI - Sabtu malam, 25 Januari 2020 lalu merupakan hari bersejarah bagi Saiful Darmadi.

Pasalnya di hari itu pula dirinya dilantik sebagai Ketua Kerukunan Keluarga Tanjung Mutiara Sekitarnya (KKTMS) yang merupakan naungan dari Persatuan Keluarga Daerah Pariaman (PKDP) Kota Dumai. PKDP Dumai merupakan organisasi yang membawahi 12 ikatan keluarga (IK) yang salah satunya KKTMS.

Saiful Darmadi sendiri dilantik oleh Zaiful Asri selaku Ketua DPD PKDP Kota Dumai, ditandai dengan penyerahan bendera petaka kepada Saiful. Bertempat di Masjid Al Anshor, Jalan Bintan, Gang Semangka, Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Dumai Kota.

Pada sambutannya, Saiful mengajak seluruh masyarakat Suku Minang yang tergabung dalam KKTMS yang dinakhodai ini membantu dirinya menjalankan organisasi sosial tersebut.

"Saya berharap agar keluarga besar KKTMS sama-sama bisa memberatkan organisasi kampung kita, karena tanpa kerjasama semua pihak saya tak berarti apa-apa,"ucap dia.

Penyerahan bendera petaka yang diserahkan Ketua DPD PKDP Kota Dumai, Zaiful Asri kepada ketua terpilih, Saipul Darmadi sebagai Ketua KKTMS Kota Dumai
Pada pelantikan tersebut juga dihadiri oleh Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) KKTMS Provinsi Riau, Agusman Sikumbang. Tak itu saja anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Syafri Hudal serta Camat Tanjung Mutiara, Hidayat juga hadir kala itu penasehat, Ninik Mamak dan Bundo Kanduang.

Sang camat juga turut serta membawa empal wali nagari (lurah) di Kecamatan Tanjung Mutiara.

Untuk diketahui, Ninik Mamak adalah lembaga suatu adat yang terdiri dari beberapa penghulu yang berasal dari klan atau suku di Minangkabau sesuai adat matrileneal (garis keturunan dari pihak ibu).

Biasanya Ninik Mamak dipimpin oleh laki-laki yang dituakan dan dianggap mampu memimpin dengan bijaksana.

Sedangkan Bundo Kanduang (Bunda Kandung atau Ibu Sejati) diartikan dalam masyarakat Minangkabau sebagai julukan yang diberikan kepada perempuan yang memimpin suatu keluarga dalam Minangkabau, baik itu sebagai seorang ratu maupun ibu raja (ibu suri)

Kedatangan rombongan sendiri disambut langsung oleh sejumlah wakil rakyat Kota Dumai yang merupakan asli Sumbar, di antaranya Idrus dari politisi Gerindra dan Rudi Hartono dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Di kesempatan yang sama Ketua PKDP Zaiful Asri mengatakan hendaknya KKTMS  itu dapat bersinergi dengan PKDP demi kemajuan bersama sebagai masyarakat Minang.

"Terutama di dalam organisasi yang baru saja terbentuk dengan dilantiknya sang pemimpin. Untuk itu di antara sesama pengurus harus bisa saling bahu-membahu menjalankan organisasi demi kemajuan bersama,"ucap Zaiful Asri.

Senada pula yang diutarakan Agusman Sikumbang, menurut dia KKTMS merupakan cikal bakal terbentuknya PKDP di seluruh wilayah Indonesia.

"Maka dari itu sudah selayaknya kita semakin kuat dan selalu mengutamakan musyawarah agar selalu kompak. Kalau bisa kita jangan sampai terecerai-berai,"ucap dia mengingatkan.

Sebagai informasi tambahan, acara ini dibuka oleh Andespah Michan selaku ketua panitia penyelenggara yang juga merupakan Ketua Generasi Muda Pariaman (Gempar) Kota Dumai.

Sedangkan acara ini ditutup oleh makan bersama kepada segenap tamu yang hadir.(rif)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.