Bupati Rohil Suyatno saat memukul gong tanda dibukanya iven wisata Toluk Gong Desa Raja Bejamu 
BAGANSIAPIAPI - Bupati Rokan Hilir, H Suyatno menghadiri sekaligus meresmikan iven wisata Toluk Gong Desa Raja Bejamu, Kecamatan Sinaboi, Kabupaten Rohil.

Menurut kisah tetua terdahulu, yakni Datuk Penghulu Raja Bejamu, Musfar Spd  mengatakan iven ini termasuk budaya yang turun-temurun digelar sejak puluhan tahun yang silam.

"Jika kegiatan Raja Bejamu ini untuk menyambut dan menjamu kedatangan Raja Siak ke Toluk Gong ini,"ucap Musfar di sela pembukaan baru-baru ini.

"Sehingga kita berharap kepada pemerintah agar iven ini digelar berkesinambungan setiap tahunnya,"ucap dia lagi kepada Bupati Suyatno.

"Alhamdulillah hari ini kita meresmikan salah satu objek pariwisata religius yang ada di Sinaboy  tepatnya di kepenghuluan Raja Bejamu,"ujar Suyatno ketika ditemui seusai acara Jejamu Telok Gong, Sabtu (22/02/2020).

Sementara itu Bupati Suyatno mengapresiasikan kegiatan tersebut. Sebab terlihat jelas masyarakat begitu antusias menghadiri acara wisata religi serta kenduri puisi yang bekerjasama dengan budayawan Provinsi Riau.

"Tujuannya untuk membantu dalam rangka mengembangkan bidang pariwisata religius,"ungkap orang nomor satu di Rohil ini menjelaskan.

Dengan kehadiran segenap pihak yang mendukung acara ini, ia pun berencana akan menjadikan tanggal 22 Februari sebagai kegiatan untuk menggelar iben wisata Toluk Gong.

Bahkan untuk mendukung program ini, dirinya juga bersedia membantu akses ke lokasi Toluk Gong dengan membangun infrastruktur jalan.

"Kita masuk tadi akses jalan ini sangat memprihatinkan sekali ini tidak bisa kita biarkan. Ini harus kita bangun. Kita bangun tahun ini,"terang Suyatno.

Suyatno juga mengaku sudah  berkonsultasi dengan pihak PLN Rohil agar aliran listrik masuk ke lokasi wisata Telok Gong ini.

"Insya Allah dia akan bantu memasukkan tiang dan arus listrik,"tukasnya.

Iven wisata Toluk Gong resmi dibuk dengan ditandai pemukulan gong dari Bupati Suyatno.(rus)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.