Direktur Fasyankes Kemenkes RI, dr Andi Saguni didampingi Bupati Rohil Suyatno menandatangani batu prasasti tanda diresmikannya Puskesmas Batu Enam
BAGANSIAPIAPI - Gedung pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) yang dibangun di jalan lintas Batu Enam, Kepenghuluan Bagan Punak Meranti diresmikan.

Peresmian ini dilakukan oleh Direktur Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) Kementerian Kesehatan RI, dr Andi Saguni yang didampingi Kepala Dinas Kesehatan Rohil Ners Dahniar, bertempat di gedung Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Bagan Punak, Kamis (6/2/2020).

Pada sambutannya perjuangan untuk membangun Puskesmas Bagansiapiapi ini sudah lama sekali dicita-citakan oleh Pemkab Rohil.

"Alhamdulillah apa yang kita harapkan dan cita-citakan selama ini sudah terwujud. Dan tentunya kita menyampaikan ungkapan rasa syukur atas terlaksananya pembangunan ini,"ucapnya.

Suyatno juga mengklaim bahwa Puskesmas Bagansiapiapi merupakan puskesmas termegah dan tercantik di Provinsi Riau.

"Ini Puskesmas yang tercantik di Riau. Selain itu letak bangunannya juga betul-betul di lingkungan yang masyarakatnya padat,"ujarnya.

Bupati juga mengatakan kalau bangunan Puskesmas Bagansiapiapi ini sudah berdiri sejak tahun 1975 silam, akan tetapi bangunannya masih berbentuk panggung.

"Dan alhamdulillah saat ini sudah bagus dan bahkan menjadi Puskesmas tercantik di Riau,"ungkap dia.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat yang telah membantu dan memperhatikan daerah Rohil yang terletak di daerah pesisir dan berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia.

Selain itu, ucapan terima kasih juga kita sampaikan kepada kontraktor dan para pekerja yang mengerjakan bangunan mewah ini.

"Progres dari pembangunan ini sangat luar biasa, dalam tempo waktu lebih kurang lima bulan sudah rampung dan kualitasnya juga sesuai dengan apa yang kita harapkan bersama,"ucapnya.


Lebih jauh Bupati menyampaikan jika pada tahun 2019 ini Pemkab Rohil juga akan mendapatkan lagi dana DAK dari Pemerintah Pusat untuk pembangunan Puskesmas Bagan Punak dan tiga unit rumah dokter dan perawat. Untuk lokasi pembangunannya dipusatkan di Persimpangan Tugu Ikan tepatnya di samping Taman Budaya, Batu enam.

"Lokasi pembangunan untuk Puskesmas Bagan Punak itu nantinya kita letakkan di sekitar taman budaya, hal ini dilakukan agar para ASN yang sakit demam bisa langsung ditangani. Kalau RSUD dr RM Pratomo jaraknya kan jauh dari pusat perkantoran," tuturnya sembari menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim TP4D Kejari Rohil yang sudah memantau dan menggiring pelaksanaan pembangunan Puskesmas Bagansiapiapi tersebut.

Selain melaksanakan peresmian gedung Puskesmas, juga dilaksanakan penyerahan kenderaan dinas operasional dan mesin genset dari Kemenkes RI.

Kemudian penyerahan piagam penghargaan dari Bupati Rohil kepada kontraktor pembangunan gedung puskesmas  UPTD Puskesmas Bagan Punak Meranti.

Diketahui pembangun UPTD Puskesmas Bagan Punak. Meranti ini menelan biaya berkisar Rp5,5 milar dari dana alokasi khusus (DAK) APBN.(rus)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.