Foto bersama para peserta pelatihan jurnalistik industri hulu migas yang digelar PWI Kepulauan Meranti 
SELATPANJANG - Dalam meningkatkan pengetahuan jurnalistik industri hulu migas, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kepulauan Meranti gelar pelatihan di Hotel AKA Meranti, Kamis pagi (20/2/2020).

Puluhan peserta dilibatkan. Mereka merupakan wartawan yang bertugas di wilayah kerja EMP Malacca Strait SA (MSSA), yakni Kabupaten Kepulauan Meranti dan Siak. 

Saat pembukaan, Ahmad Yuliar sebagai Ketua PWI Kepulauan Meranti mengatakan, pelatihan jurnalistik industri hulu migas dilaksanakan berkolaborasi dengan EMP Malacca Strait SA dan SKK Migas Wilayah Sumbagut. 

Sehingga, para wartawan lebih mengetahui bagaimana industri hulu migas itu dilaksanakan EMP Malacca Strait SA, sebagai Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Migas.

"Jadi, edukasi terhadap wartawan juga perlu diberikan. Sehingga, informasi tentang hulu migas yang disampaikan ke masyarakat bisa benar,"ujarnya.

Ahmad Yuliar berharap para peserta bisa mengikutinya dengan baik. Sehingga, wartawan bisa mendapatkan informasi yang benar dan bisa menyajikannya dengan tepat.

"Jadi, untuk kegiatan konferensi kita, pagi ini diawali dengan aktifitas pelatihan jurnalistik, dan malam nanti akan dilanjutkan dengan pemilihan ketua baru,"ucapnya.

"Saya berharap, siapapun yang terpilih nantinya tetap bisa menjaga marwah organisasi, menjadikan PWI sebagai organisasi terdepan serta meningkatkan kualitas dan kapasitas khususnya di Kepulauan Meranti,"ungkapnya.

Pelatihan secara resmi dibuka oleh Sekda Kepulauan Meranti, Bambang Suprianto.

Dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada pengurus PWI Kepulauan Meranti periode 2017-2020 yang telah banyak membantu Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dalam memberikan informasi kepada masyarakat. 

Dia berharap, hubungan baik tersebut berlanjut pada kepengurusan baru berikutnya.

Katanya keberadaan PWI di Kepulauan Meranti sangat penting dalam membina dan mendorong wartawan lebih profesional dan benar-benar memahami kode etik jurnalistik. Khususnya yang berada di PWI. 

"Kepada ketua PWI terpilih nantinya, kami berharap tetap melanjutkan apa yang telah dilakukan ketua sebelumnya. Termasuk kerja sama yang baik dengan pemerintah daerah," harapnya.

Sementara, Sekretaris PWI Riau, Amril Jambak mengatakan, SKK Migas dan EMP Malacca Strait SA selama ini sangat berperan dalam mendukung pendidikan yang ada di PWI Provinsi Riau.

"Pelatihan jurnalistik merupakan program utama bagi PWI Riau. Karena hingga 2022 mendatang program utama PWI Riau adalah pendidikan dan Uji Kompetensi Wartawan (UKW),"pungkasnya.(dil)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.