Wabup Rohil Jamiludin di tengah usai menerima SAKIP Award didampingi Sekdakab Rohil, HM Job Kurniawan dan Kepala Inspektorat Kota Dumai, Roy Azlan
BATAM - Wakil Bupati Rokan Hilir (Rohil) Jamiludin menghadiri penyerahan hasil evaluasi atas penerapan sistem akuntanbilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP) kabupaten dan kota wilayah I tahun 2019.

Bertempat di Hotel Raddison Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Senin (10/2/2020).

Penyerahan SAKIP ini dilakukan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) RI, Tjahjo Kumolo kepada 185 pemerintah daerah yang terdiri dari 11 pemerintah provinsi dan 174 pemerintah kabupaten dan kota.

"Alhamdulillah, dari penilaian yang sudah dilakukan oleh Kementerian PANRB, hasilnya Kabupaten Rohil mendapat predikat nilai B,”jelas Wabup Jamiludin kepada wartawan usai menerima SAKIP award dari pusat.

Menurut dia, Pemkab Rohil kembali meraih penghargaan SAKIP ini sebagai bentuk komitmen dan kebanggaan bersama untuk menjadi daerah yang terbaik.

"Ini merupakan keseriusan kita dalam melakukan percepatan pembangunan yg dinilai oleh Pemerintah Pusat melalui KemenPANRB. Kita berharap ini bisa kita pertahankan dan tingkat kan lebih baik lagi,"terang dia.

Setiap tahun, Kementerian PANRB melaksanakan evaluasi atas implementasi SAKIP pada seluruh kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah.

Evaluasi dilaksanakan sesuai amanat Peraturan Pemerintah (PP) nomor 8 tahun 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah serta Peraturan Presiden nomor 29 tahun 2014 tentang SAKIP.

"Hasil evaluasi SAKIP bukan hanya menitikberatkan pada nilai yang diberikan, namun juga menunjukkan bagaimana kemampuan instansi pemerintah dalam melakukan pengelolaan penggunaan anggaran,"paparnya.

"Dan tak lupa kami juga mengucapkan terimakasih kepada segenap pihak yang sudah mendukung langkah kita dalam meraih SAKIP award ini,"tukasnya.(rls/rus)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.