DUMAI - Jika ingin sukses di era jurnalisme modern kini, seorang wartawan, mesti terus belajar dan berlatih.

"Hanya dengan belajar dan berlatih secara tekun wartawan meraih predikat profesinalisme,"kata Direktur Utama Lembaga Pendidikan Wartawan, Pekanbaru Journalist Center (PJC), Drs. Wahyudi El Panggabean, MH.

Wahyudi yang dihubungi melalui telepon selulernya, menyebut Seminar Motivasi & Pelatihan Jurnalistik yang ditaja PJC, 9 Februari mendatang di Hotel Tjokro  Pekanbaru merupakan konsekuensi atas peningkatan profesionalisme itu.

"Pelatihan diawali seminar untuk menyetel mindset peserta tentang eksistensi jurnalisme sebagai pendukung kesuksesan," kata Wahyudi.

Pelatihan yang bakal diikuti 20-an peserta ini, katanya juga menguji mental peserta untuk berani tampil berbicara di depan umum.

"Inilah akar dari sebagian besar ketakutan di muka bumi ini. Makanya, ini maduk agenda pelatihan prioritas," kata Wahyudi.

Teknik wawancara, demikian Wahyudi juga dilatih dan dipraktekkan langsung dalam pelatihan sebagai upaya meningkatkan mental peserta.

Kemudian, sesi terakhir peserta akan diperkenalkan teknik menulis berita secara praktis.

"Menulis berita juga langsung dipraktekkan oleh peserta. Sehingga, kita berharap seminar dan pelatihan ini benar-benar eksklusif,"katanya.

Dari seminar ini, selain diberi sertifikat, peserta juga dibekali buku standar jurnalis dan akomodasi makan siang.

Media Berita On-line www.sorotlensa.com katanya menjadi sponsor tunggal acara ini.

Di lain kesempatan, Faisal Arif selaku Pimpinan Umum Media Sorotlensa mengaku apa yang sudah disampaikan Direktur PJC terlalu berlebihan.

Namun Arif, begitu ia kerap disapa mengatakan apa yang dilakukannya sebagai bentuk apresiasi dirinya kepada PJC yang juga menjadikan dirinya sebagai jurnalis profesional dan berintegritas.

"Ini adalah bentuk terimakasih saya kepada Bang El yang selalu mensupport saya dalam berbagai hal mengenai dunia jurnalistik,"ucap Arif.

"Dan apa yang disampaikan Bang El sebagai sponsor tunggal, menurut saya terlalu berlebihan. Saya hanya membantu beliau semampunya saya,"paparnya lagi.

Terkait pelatihan jurnalistik ini, menurut dia sangatlah positif bagi orang yang memang menggeluti profesi wartawan.

"Dengan menggali ilmu tentulah kita juga akan lebih terlatih dan profesional dalam menjalankan pekerjaan mulia ini,"tukasnya.(red)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.