Segenap panitia yang tergabung Hipema-UT dan Reujta
UJUNGTANJUNG - Pargelaran Ujung Tanjung Expo sukses diselenggarakan.

Kegiatan seremonial ini merupakan hasil kolaborasi antara Himpunan Pelajar Mahasiswa Ujung Tanjung (Hipema-Ut) bersama dengan Remaja Ujung Tanjung (Reujta) dan pemerintah.

Acara yang digelar di Desa Ujung Tanjung, Kecamatan Tanah Putih, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) mengusung tema "Expo 2.0 Malako, berdayakan kuliner daerah sebagai warisan bangsa".

Acara digelar selama dua hari dari Sabtu, 1 Februari 2020 dan Minggu, 2 Februari 2020 akhir pekan lalu di Stadion Ujung Tanjung.

Dengan tujuan sebagai bentuk pengenalan budaya kuliner Riau "buah Malako" yang dimasak dengan ciri khas Melayu yang ada di desa tersebut.

Hal ini disampaikan Camat Tanah Putih, Alexander kepada sorotlensa.com. Ini memasuki tahun kedua acara tersebut digelar.

Menurut dia ini merupakan langkah awal bagi generasi muda untuk membudayakan kembali makanan khas Melayu di tengah masyarakat era millenial saat ini.

"Ini sudah dua kali kita gelar acara ini (Ujung Tanjung Expo), dan alhamdulilah berjalan dengan lancar,"ungkap dia bersyukur.

Ia juga menekankan kepada segenap pihak untuk mensupport acara tersebut. Bahkan ia mengapresiasikan pihak desa dan kecamatan.

Ia berharap buah Malako sebagai masakan yang ada di desa tersebut bisa dikembangkan lagi dalam segala aspek salah satunya dengan pematangan konsep.

"Sehingga pengenalan masakan-masakan yang ada di Tanah Putih lebih dikenal seperti anyang, urap dan lainnya,"ucap dia.

Selama dua hari, kegiatan memang diisi dengan stand dari berbagai penjualan,  namun tidak hanya itu kegiatan juga diisi dengan penampilan budaya seperti lukah gilo, pencak silat, lomba solo Melayu  bahkan tarian Tor-tor.

Selain itu banyak sekolah yang ikut berpartisipasi seperti SDN 010, SDN 020, SMAN 2 Tanah Putih, MTsN 1 Rohil, SDN 007 bahkan Padepokan Persaudaraan Hati Terate (PSHT), Tapak Suci, Qotrun Nada juga ambil bagian pada acara itu.

Di lain kesempatan, Ketua Pelaksana Wahyudi menyampaikan sebagai anak muda, kegiatan ini mengarahkan kepada hal yang positif.

"Dan semoga dengan kegiatan ini, ke depannya kita bisa melaksanakan kegiatan Ujung Tanjung Expo yang ketiga,"ucap dia.

Selain itu sebagai bentuk upaya pihaknya dalam menyumbang perkembangan desa.

"Ya semoga dengan adanya kegiatan ini perekonomian rakyat lebih terbangun dengan adanya event-event di dalam acara tersebut,"sebutnya.(ari)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.