BENGKALIS - Dampak Pandemi Corona Virus Desease 2019 (covid-19) sudah tentu dirasakan seluruh element, baik oengusaha, pedagang, pekerja, bahkan pejabat sekalipun, terlebih Masyarakat yang berpenghasilan menengah kebawah (pra sejahtera).

Untuk itu Pemerintah baik pusat maupun daerah menggelontorkan anggaran yang tidak sedikit guna  membantu Masyarakat bertahan di masa-masa sulit saat ini.

Di Kabupaten Bengkalis, tepatnya Kecamatan Bengkalis Desa Pangkalan Batang, beberapa Warga mendatangi Kantor Camat guna meminta kepastian datangnya bantuan covid-19 dari pemerintah yang hingga saat ini belum menerima sepersenpun padahal sudah masuk masa pembagian tahapan kedua.

"Kami sudah di data RT untuk penerima bantuan imbas covid-19 di Desa, namun hingga sampai sekarang,sudah mau pecairan tahap dua, belum ada undangan atau pemberitahuan, apakah Kami ini dapat atau tidak,"Ungkap salah seorang warga yang ditemui di kantor Camat Bengkalis pada awak media ini 9/6/20.

"Kami datang kesini untuk informasi jelasnya kami masuk dalam daftar penerima atau tidak, sebab kami tanya pun RT, dan peragkat Desa, mereka tidak mengetahui tentang ini, dan memang mengarahkan kekantor ini untuk informasi lengkapnya," tambahnya


Jackson, Ketua LSM Perkara Bengkalis merasa simpati saat mendengar keluhan warga tersebut.

"kalau ibu ibuk tidak menerima bantuan dari Desa, harus tau dulu apa penyebabnya, apakah tidak di data atau bagaimana,"tanya Jackson.

"karena Bantuan dari pemerintah sekarang kan ada beberapa pintu dari Dana Desa, Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Dinas Sosial, dan ada lagi Bantuan dari Provinsi, tentu dalam ini pemerintah Desa juga harus mendata lebih tepat atau layak menerima bantuan dimaksud,dan kalau layak menerima,nanti akan kita coba sampaikan ke pada pemerintah Kabupaten, yakni DPMPD," sebut Jackson.

satgas Covid itu terdiri dari unsur kelembagaan dan tokoh masyarakat setempat,jadi mulai dari musyawarah Dusun, Musdus dan di teruskan Ke musyawarah Desa Musdes, jadi tidak ada keterlibatan pihak Kecamatan dalam pendataan tersebut.

"Yah kalau ada masyarakat tidak terdata sebaga penerima Bantuan baik,Blt,Bst dan lainnya oleh pemerintah Desa setempat, maka hal itu desa lah yang lebih tau," ucap camat Bengkalis.

Kepala Desa Pangkalan Batang Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis Faisal ketika di konfirmasi via selulernya 11/6/20 mengatakan "kita juga dapat inforrmasi kalau ada beberapa warga kami yang mau ketemu sama pak camat Bengkalis, yang jelas kami selaku Kepala Desa warga itu sudah kami data sebagai penerima Bantuan dari Provinsi. kadang itulah pak,masyarakat kita ni tak sabar,dan insya Allah,warga kita bisa menerima bantuan tersebut," ujarnya menutup.


Pewarta : Arianto

Editor : Redaksi

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.