BENGKALIS - Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bengkalis Hj Martini mengatakan untuk bantuan sosial tunai (BST) dari pemerintah daerah melalui dinas sosial Bengkalis untuk masyarakat terdampak covid-19 tahap II dan III masih belum bisa disalurkan dikarenakan ada dua persyaratan yang belum terpenuhi. 

"Hingga saat ini, Dinsos Bengkalis masih berupaya memenuhi persyaratan yang menjadi kendala tersebut," ungkap Hj Martini,  kepada sejumlah wartawan Selasa (21/7) diruang rapat Kantor Dinas Sosial Bengkalis. 

Dua persyaratan yang belum terpenuhi tersebut. Dijelaskan Hj Martini mengenai rekomendasi dari ketua tim gugus untuk pencairan dana BST. Lanjutnya, selain itu juga SK penetapan jumlah anggaran Covid- 19, karena ada perubahan jumlah anggaran Covid -19. 

"Kita kemarin ada perubahan penggunaan anggaran. Dimana sebelumnya hanya sepuluh OPD yang menggunakan anggaran Covid-19 sekarang menjadi 12 OPD," terang Hj Martini. 

Selain itu. Dikatakanya, untuk data penerima bantuan juga akan ada perubahan. Saat ini pihak Dinsos sedang mengevaluasi data penerima tahap pertama kemarin.

"Setelah dilakukan pengecekan ada penerima yang double mendapat bantuan Covid dari sumber Dinsos dan Kemensos. Ini yang sedang kita keluarkan, selain itu kita juga ada penambahan penerima baru karena ada usulan yang belum menerima kemarin belum masuk pada tahap pertama kemarin," tambah Hj Martini. 

Menurut Martini, untuk penambahan ini, mereka hanya akan menerima dua tahap penyaluran BST Dinsos saja yakni tahap kedua dan ketiga. Sementara tahap pertama tidak menerima lagi karena memang sudah disalurkan.

"Untuk tahap pertama tersebut jumlah seluruh bantuan BST yang disalurkan sebanyak 33.038 bantuan. Ini sudah termasuk penerima dari anak panti asuhan sebanyak 209 orang, sedangkan untuk penerima tahap kedua masih dalam perbaikan data, kita upayakan masih sejumlah kuota yang tersedia, untuk penambahan penerima baru dari data sementara ada sekitar tiga ratusan KK lebih penambahannya," terang Martini. 

Dinas Sosial Bengkalis berharap masyarakat penerima BST bisa bersabar menunggu pencairan bantuan ini. Karena saat ini Dinsos masih berupaya untuk menyegerakan proses pencairannya.

"Begitu persyaratan sudah lengkap,  langsung akan kita lakukan pencairannya, karena persyaratan ini sedang diupayakan kita penuhi secepatnya," akhir Hj Martini. (Rif)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.