MERANTI -  Bertemakan "Sosialisasi New Normal Life dan Penerapan Pola Hidup Bersih, dan Sehat di Kabupaten Kepulauan Meranti", Bupati Kepulauan Meranti melalui Asisten I Sekdakab Meranti membuka secara resmi kegiatan Pengabdian Dosen kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh Fakultas Ilmu Sosial Politik Universitas Riau (Fusipol-UNRI), di Aula Biru Kantor Bupati Meranti. Jumat (9/10/2020).


Seperti dijelaskan oleh Ketua Pengabdian Dosen UNRI, Dr. Welly Wirman, acara ini adalah kegiatan pengabdian dosen kepada masyarakat khususnya yang berada diwilayah Kepulauan Meranti. Adapun tema yang diusung disesuaikan dengan kondisi dunia saat ini yang tengah berjuang menghadapi Pandemi Covid-19, termasuk juga diwilayah Kepulauan Meranti.


Seperti diketahui pengabdian kepada masyarakat adalah salah satu kewajiban dosen sebagai sebuah kontribusi untuk negeri. Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat merupakan elemen dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kedua elemen tersebut menjadi aksi dari keterlibatan perguruan tinggi dalam pembangunan dan menghilangkan isolasi dunia akademik terhadap persoalan masyarakat.


Melalui kegiatan ini masyarakat akan mendapatkan bekal untuk menyelesaikan permasalahan dan menjawab tantangan dalam kehidupannya. Masyarakat juga nantinya akan memberikan masukan bagi perguruan tinggi tentang realitas kehidupan yang terjadi ditengah masyarakat. 


"Artinya dalam pelaksanaan pendidikan tinggi, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat oleh Perguruan Tinggi tidak cenderung fokus pada proses belajar-mengajar saja, untuk meningkatkan akreditasi unversitasdan kredit poin," jelas Belly Wirman



Selanjutnya, ia berharap dengan kegiatan ini dapat membantu masyarakat dalam menangani permasalahan yang mereka hadapi sesuai dengan tema yang diusung di era new normal Pandemi Covid-19 ini, yaitu Sosialisasi New Normal Life dan Penerapan Pola Hidup Bersih, dan Sehat di Kabupaten Kepulauan Meranti.


"Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat nyata kepada masyarakat, begitu juga terkait masukan serta fakta-fakta yang ditemukan dilapangan akan menjadi sumber pengembangan materi perkuliah di kampus," bebernya


Menyikapi pelaksanaan kegiatan tersebut, disambut baik oleh Asisten I Sekdakab Meranti Syamsuddin SH MH, menurutnya, kegiatan yang dilaksanakan oleh para akademisi ini sangat baik dan strategis dalam upaya memberikan pemahaman dan pencerahan kepada masyarakat terkait pola hidup bersih dan sehat di era new normal saat ini. 


"Nantinya peserta yang terdiri dari Kepala Sekolah, dapat meneruskan ilmu pengetahuan yang diperoleh kepada para peserta didik dan masyarakat lainnya sehingga penerapan hidup bersih dan sehat benar-benar diaplikasikan dalam menekan angka penularan Virus Covid-19 di Kepulauan Meranti," ujar Syamsuddin


Tak lupa atas nama Pemerintah Daerah, Syamsuddin yang juga menjabat Plt. Kepala Dinas Pendidikan Meranti, juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada para Dosen pengajar UNRI yang telah memilih Kepulauan Meranti sebagai lokasi pengabdian.


"Atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah kami ucapkan terima kasih kepada UNRI yang telah memilih Kepulauan Meranti senagai lokasi pengandian semoga kegiatan ini dapat berjalan sesuai harapan dan memberikan manfaat besar kepada masyarakat," pungkasnya.     (Rls/DIL)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.