MERANTI - Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si, menghadiri acara Pelantikan Pengurus PWI Kepulauan Meranti Masa Bakti 2020-2023 di Gedung PWI Kepulauan Meranti Jalan Durian. Selasa (3/11/2020) Malam. 


Pelantikan Pengurus PWI Meranti Masa Bakti 2020-2023 langsung dilakukan oleh Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang didamping Sekretaris Amril Jambak dan Saparuddin Koto, yang ditandai dengan pengucapan janji oleh Ketua PWI Riau diikuti seluruh pengurus yang dilantik.


Dalam sambutannya Bupati Irwan, ia mengakui dengan besarnya manfaat wartawan dalam membantu Pemda, sudah selayaknya Pemda Meranti untuk mendukung bebagai program strategis yang dilaksanakan oleh rekan rekan media, seperti yang saat ini digelar oleh PWI Meranti dengan mengemas kegiatan Pelantikan Pengurus PWI Meranti Masa Bakti 2020-2023 dengan kegiatan pelatihan dan lomba jurnalistik.


Menurutnya kegiatan ini sangat stategis dalam mendorong partisipasi masyarakat mendukung pembangunan dan menjaga kondisi daerah tetap kondusif.


"Terima kasih kepada rekan rekan Pers yang telah mendukung Pemda dalam mempublikasikan berbagai program dan kegiatan untuk menggesa pembangunan daerah," ucap Bupati.



Selanjutnya terkait usulan hibah bangunan untuk kantor PWI yang diajukan oleh PWI Meranti, dikatakan Bupati masih perlu koordinasikan antara Pemda Meranti dengan Pemerintah Provinsi Riau, sebab untuk memutuskannya harus seizin dari Provinsi Riau selaku pemilik bangunan yang saat ini digunakan oleh PWI Meranti.


"Untuk masalah tanah tidak ada masalah tapi untuk bangunan merupakan aset dari Pemerintah Provinsi Riau yang dihibahkan untuk Disparpora Meranti jadi perlu dikoordinasikan denga Pemprov," jelasnya. 


Kemudian kepada rekan rekan Pers Bupati juga berharap dapat berpartisipasi dalam menuntaskan penulisan buku putih sejarah pemekaran Meranti, dengan begitu rekan rekan Pers melalui karya jurnalistiknya ini akan selalu eksis dan dikenang oleh masyarakat Meranti.


"Sebelumnya pembuatan buku pitih ini sudah berjalan namun hanya sampai pada pengumpulan data, kita harap rekan rekan Pers dapat melanjutkannya dan untuk masalah dana kita akan mendukung," ucap Bupati.


Dengan padatnya kegiatan yang digelar oleh PWI Meranti dalam meningkatkan profesionalitas profesi wartawan yang mampu memberi pencerahan kepada masyarakat Bupati berharap kegiatan-kegiatan serupa terus berlanjut bukan saja digelar oleh PWI Meranti tetapi juga oleh organisasi Pers lainnya.


"Semoga dengan adanya kegiatan-kegiatan seperti ini kerjasama dan silahturahmi antara Pemda dengan organisasi Pers selalu harmonis," harap Bupati.


Sementara itu Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang dalam sambutannya berharap kepada semua wartawan yang bernaung dalam organisasi Pers PWI, dapat terus meningkatkan profesionalitas salah satunya dengan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW), menurutnya UKW ini merupakan salah satu amanat UU yang mau tak mau harus diikuti oleh wartawan sebagai bekal menjalankan aktifitas jurnalistik.


"Dengan mengikuti UKW secara UU wartawan bersangkutan akan diakui profesionalitasnya dalam menjalankan aktifitas jurnalistik," jelas Zulmansyah.


Selanjutnya Zul juga menekankan, kepada anggota PWI untuk secara konsisten mengikuti kaidah dan kode etik jurnalistik, dan PWI Riau tidak akan mentolerir anggotanya yang kedapatan atau terbukti melakukan pelanggaran. 


"Karena profesi wartawan diatur oleh UU, jika narasumber atau masyarakat mendapati anggota PWI melanggar kode etik silahkan melapor ke Dewan Kehormatan PWI dan jika memang terbukti maka akan kita beri sanksi mulai dari skorsing hingga dikeuarkan dari anggota," jelasnya lagi.


Sementara itu Ketua PWI Meranti terpilih Syamsidir Atan, mengaku dibawah kepemimpinanga akan berupaya untuk memajukan PWI Meranti dengan menjadikan organisasi ini sebagai organisasi yang "Mewah".


"Kami akan berupaya menjadi PWI Meranti menjadi organisasi yang 'Mewah', bukan mewah soal gaya hidup melainkan dalam profesionalitas, kesejahteraan dan fasilitas," ujarnya.


Salah satu upaya yang akan dilakukan adalah dengan terus menggelar berbagai kegiatan pelatihan jurnalistik untuk meningkatkan profesionalitas anggota, melaksanakan program PWI Goes To Campus untuk memberikan pemahaman kepada pelajar terkait Jurnalistik, dan yang utama untuk meningkatkan kesejahteraan anggota dengan mendirikan Koperasi Pewarta Wibawa Investasi yang saat ini sedang dalam proses perizinan.


"Semoga dengan adanya koperasi ini mampu menjadi perintis peningkatan perekonomian pengurus, anggota dan simpatisan PWI Meranti kedepan," harapnya.


Satu lagi program untuk meningkatkan kesejahteraan anggota yang akan dilaksanakan PWI Meranti adalah dengan memanfaatkan lahan tidur mikik Pemda untuk budidaya tanaman Jahe.


"Sejauh ini untuk lahan sudah tak ada masalah, begitu juga bibit jahe, terumakasih kepada Pemda Meranti yang telah memfasilitasi," pungkasnya.    (Rls/DIL)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.