MERANTI - Mahasiswa Kabupaten Kepulauan Meranti yang telah mengajukan permohonan beasiswa Pemkab Meranti pada tahun 2020. Karena jika tidak ada aral melintang, dana untuk membantu mahasiswa/i Meranti yang kurang mampu dan berprestasi tersebut akan dicairkan pada Senin tanggal 7 Desember 2020.


Hal itu tertuang dalam Surat Pengumuman Bagian Kesra Sekdakab. Meranti Nomor : 400/Kesra/2020/XI/081 Tentang Penetapan Hasil Vsrifikasi Penyediaan Bantuan Pendidikan Untuk Mahasiswa Program Study Diploma III, Strata I dan Strata II Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun Anggaran 2020.


Rudi mejelaskan, sesuai intruksi Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si, Beasiswa ini adalah bentuk komitmen Pemkab Meranti dalam upaya peningkatan kualitas SDM daerah sekaligus membantu putra-putri Meranti kurang mampu dan berprestasi yang sedang menjalani pendidikan di Perguruan Tinggi mulai dari Diploma (DIII) hingga Strata (S2).


"Beasiswa ini adalah bentuk perhatian khusus Pemkab Meranti di bidang pendidikan tinggi melalui penyediaan bantuan pendidikan kepada mahasiswa Program Studi Diploma III, Strata-1, dan Strata Il Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun 2020. Semoga dapat meringankan beban yang dihadapi orang tua Wali terutama ditengah Pandemi Covid-19 ini," jelas Rudi.


Lebih jauh dijelaskan Rudi, berdasarkan hasil seleksi dan verifikasi yang dilakukan panitia secara independen terhadap 847 permohonan Beasiswa yang masuk, ditetapkan sebanyak 845 orang layak menerima. Hal ini sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Kepulauan Meranti Nomor: 402.1/HK/KPTS/ X1I/2020.


Menyangkut nama-nama penerima bantuan biaya pendidikan yang dinyatakan lulus seleksi, hal ini dapat dilihat pada website resmi Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti www.merantikab.go.id. 


"Penyaluran bantuan biaya pendidikan ini, nantinya akan dilakukan melalui Transfer Bank oleh Bank Riau ke rekening masing masing penerima yang telah didaftarkan. Proses Penyaluran bantuan pendidikan ini akan dilakukan mulai hari Senin (7 Desember 2020) mendatang," jelasnya lagi


Untuk jumlah dana yang diterima dan alokasi jumlah penerima sesuai jenjang pendidikan secara rinci dijelaskan Rudi sebagai berikut.


Pertama, untuk Mahasiswa Tingkat Diploma III, berjumlah sebanyak 112 orang mahasiswa dengan besaran dana senilai Rp. 1.000.000.


Kedua,untuk Mahasiswa SI, berjumlah sebanyak 715 orang mahasiswa dengan besaran dana senilai Rp. 1.200.000.


Ketiga, dan untuk Mahasiswa S2, berjumlah sebanyak 18 orang mahasiswa dengan besaran dana senilai Rp. 1.500.000.


Rudi juga menyinggung perihal turunnya jumlah besaran dana Beasiswa yang diberikan kepada mahasiwa tahun 2020 ini. Yang mana dana tersebut adalah jumlah maksimal yang dapat diberikan oleh Pemkab Meranti sesuai dengan kekuatan dan keterbatasan anggaran APBD. 


"Seperti yang diketahui, anggaran APBD kita tahun ini lebih kecil dari tahun lalu. Hal ini disebabkan oleh Refurcusing anggaran untuk penanganan Covid-19," paparnya.


Rudi berharap, dana beasiswa yang akan diterima oleh mahasiswa/i Meranti nanti dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya untuk penunjang biaya pendidikan diperguruan tinggi, baik untuk uang kuliah, pembelian buku buku pelajaran dan hal lainnya yang sangat dibutuhkan.


"Karena dana ini disalurkan untuk membantu biaya pendidikan, kita berharap dapat dipergunakan oleh mahasiswa sebaik-baiknya. Dengan begitu, apa yang telah menjadi target dari pemerintah daerah untuk peningkatan kualitas SDM dapat tercapai," pungkasnya.   (Rls/DIL)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.