Kepulauan Meranti, sorotlensa.com - Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si bersama Forkopimda melakukan peresmian pengoperasian Roll On Roll Off (Roro) tujuan Pecah Buyung - Insit, di pelabuhan roro Desa Insit, Kecamatan Tebing Tinggi Barat Kabupaten Kepulauan Meranti. Sabtu (19/12) siang. 


Dalam kegiatan itu selain melakukan peresmian pengoperasian Roro Insit - Pecah Buyung, Bupati Kepulauan Meranti dan rombongan juga berkesempatan melakukan uji coba Roro dengan melakukan penyebrangan dari Insit ke Pecah Buyung. 


Dengan telah resmi beroperasinya Roro Insit-Pecah Buyung ini, menjadi kabar gembira bagi masyarakat Meranti, terutama yang berdomisili di Pulau Rangsang. Sebab warga akan dapat membawa langsung kendaraannya ke Selatpanjang, baik sepedamotor, gerobak dan mobil. Begitu sebaliknya dari Selatpanjang ke Rangsang bisa membawa mobil atau kendaraan roda empat lainnya.


Irwan juga mengucapkan, ucapan terimakasih kepada Kemenhub RI yang telah memfasilitasi pengoperasian Roro ini. 


"Dengan Roro ini, tentunya masyarakat Kepulauan Meranti dapat mempermudah akses jalan antar pulau, dan semoga program daerah untuk merangkai pulau dapat berkelanjutan," beber Irwan


Sekedar informasi, sebelumnya Bupati Irwan menerim penyerahan bangunan pelabuhan Roro Insit - Pecahbuyung dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kepada Yang ditandai dengan Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Operasional (BASTO) dilakukan di Hotel Novotel Pekanbaru, Rabu (25/11/2020), di sela acara Rakornis PPNS LLAJ Kemenhub.


Penandatanganan BASTO dilakukan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Sesditjen Hubdat) Kemenhub Marta Hardisarwana, Kepala Satker Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah IV Riau-Kepri Ardono dan Bupati Kepulauan Meranti Irwan Nasir.



Ketika itu Bupati Irwan mengharapkan dukungan penuh Kemenhub untuk program merangkai pulau di Meranti. Selain Roro Insit-Pecahbuyung, diharapkan segera dibangun Roro Lukit - Sungai Rawa, Kudap - Bengkalis, dan rencana Roro yang menghubungkan dengan Kepulauan Riau. 


“Untuk roro Tanjungperanap - Buton kami harap bisa beroperasi tahun depan, setelah jalan menuju ke Selatpanjang dari dukungan anggaran provinsi selesai dibangun. Kami juga berharap dukungan untuk pembangunan Pelabuhan Dorak,” ungkap Irwan saat itu. 


Untuk diketahui pelabuhan roro Insit dibangun dengan biaya sekitar Rp 52,4 miliar. Sedangkan pelabuhan roro Pecahbuyung menelan dana sekitar Rp 53 miliar.    (Rls/DIL)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.