DUMAI - Buah Manggis saat ini sangatlah menjadi Buah-buahan yang sangat populer di Negara Cina untuk dikonsumsi warga Negara Cina.


Buah Manggis yang diminati warga Negara Cina berasal dari Indonesia, sebab buah manggis asal Indonesia terasa manis.


Saat ini Indonesia yang sudah menghasilkan buah manggis yaitu di Wilayah Bali, Lombok, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Barat dan Sumatera Utara.


Hal ini dikemukakan Zulkifli yang disapa akrabnya Datuk Amin mengatakan kepada awak Media, bahwa wilayah Riau belum banyak masyarakat yang menanam pohon Manggis dan Pinang Batara. Saat ini di Riau masih di Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Bengkalis dan Pulau Rupat.


Namun, kata Datuk Amin, jika hanya dua Daerah ini saja, belum mencukupi kuota Eskport.


"Perusahaan CV. Buah Segar Indonesia adalah perusahaan Eksport yang terdaftar di Kementan RI memilik izin Packing House di antara 70 perusahaan yang terdaftar di Kementan di seluruh Indonesia," ucap Datuk Amin. 


"Nah saat ini kita melihat bahwasanya Kota Dumai belum ada yang menanam Pohon manggis, sehingga kita mengajak masyarakat Dumai untuk menanam pohon Manggis dan Pinang Batara," imbuhnya. 


Menurut Datuk Amin Putra Kelahiran Kota Dumai ini ingin mewujudkan bagaimana tingkat minat masyarakat Dumai untuk menanam Pohon Manggis dan Pinang Batara. 


"Alhamdulillah hari ini, kita bersama DPC SPN Dumai Mhd.Alfien Dicky dan Pimpinan Media Era Group Mhd.Budianto bersama warga Bunga Tanjung RT. 28 Kelurahan Bukit Datuk Kecamatan Dumai Selatan melaksanakan menanam pohon manggis dan Pinang Batara di area lahan warga milik Khairul," ujar Datuk Amin.


Lanjut Datuk Amin, dengan program ini, tentunya kita CV. Buah Segar Indonesia siap MoU dengan masyarakat baik perorangan maupun kelompok tani, jika masyarakat Dumai ingin menanam tak perlu khawatir untuk menjual, karena perusahaan kita siap menampungnya.


"Mengapa kita menggandeng Serikat Pekerja Nasional (SPN) Dumai, guna 2,5 hingga 5 Tahun kedepan jika Pinang Batara dan Manggis sudah berbuah, maka SPN lah yang akan mentiapkan tenaga kerja untuk Packing House buah manggis nantinya," beber Datuk Amin.


Selain itu, kata Datuk Amin, kita juga melibatkan Media, dengan tujuan agar program perusahaan cv. Buah Segar Indonesia dapat ter ekspos, sehingga dapat menyebar luas. 


Datuk Amin juga mengatakan, sebelumnya CV. Buah Segar Indonesia sudah pernah menjalankan bisnis Eksport buah Manggis ini di Jawa Barat, Bali, Jawa Timur, Sumatera Barat dan Sumatera Utara.


"Sebagai Putra Asli Daerah Kota Dumai, ingin mengajak Masyarakat Dumai untuk menanam Manggis ini, karena prospek penghasilan nya jelas. Ayo kita menanam Manggis dan Pinang Batara, jangan sampai kita tertinggal dari daerah-daerah lain." tandas Datuk Amin.(Rls)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.