DUMAI - Zulkifli Dirut CV. Buah Segar Indonesia yang disapa akrabnya Datuk Amin bersama Lembaga JEMAD yang merupakan Partnerts dalam hal menggalakan kepada masyarakat untuk menanam Manggis dan Pinang Batara terus berjalan. 


Sebelumnya Dirut CV. BSI ini sudah melakukan penanaman Manggis dan Pinang Batara bersama warga RT. 28 Bunga Tanjung Kelurahan Bukit Datuk Kecamatan Dumai Selatan dan juga Ketua DPC SPN Dumai turut juga dihadiri Ketua Umum Lembaga JEMAD yang juga Pimpinan Media di Dumai.


Kali ini, Datuk Amin Dirut CV. BSI dan Ketua Umum Lembaga JEMAD Mhd.Budianto menggandeng Karang Taruna Kelurahan Jaya Mukti yang dipimpin Dedek Fernanda untuk menanam Manggis dan Pinang Batara di wilayahnya. 


"Hari ini kita menggandeng Ketua Karang Taruna Jaya Mukti untuk menanam Manggis dan Pinang Batara," ucap Datuk Amin, Sabtu (13/03/2021) kepada awak media.


Menurut Datuk Amin, bahwasanya saat ini Indonesia yang sudah menghasilkan buah manggis yaitu di Wilayah Bali, Lombok, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Barat dan Sumatera Utara.


Sedangkan wilayah Riau belum banyak masyarakat yang menanam Manggis dan Pinang Batara. Saat ini di Riau masih di Kabupaten Rokan Hulu, Pulau Rupat Kabupaten Bengkalis, namun jika hanya dua daerah ini saja belum mencukupi kuota Eskport.


"Jika masyarakat Dumai baik perorangan maupun kelompok tani saat ini mau menanam manggis, maka 5 tahun kedepan Dumai akan menjadi Kota Buah Manggis," ujar Datuk Amin. 


Lanjut Datuk Amin, jika kuota Manggis dan Pinang Batara bisa mencukupi kuota Eskport, maka sudah jelas menambah Devisa Negara dan PAD Dumai.


Selain itu, kata Datuk Amin, juga akan mengurangi ribuan pengangguran warga Dumai, sebab akan dipekerjakan sebagai buruh Packing House Buah Manggis sebelum di Eksport. 


"Ayo menanam Manggis dan Pinang Batara, ini adalah solusi pencerahan ekonomi masyarakat 2,5 hingga 5 Tahun kedepan, apa bila masyarakat secara keseluruhan menanam manggis dan pinang batara." tandas Datuk Amin. 


Disamping itu, Dede Fernanda Ketua Karang Taruna Kelurahan Jaya Mukti mengapresiasi atas program Lembaga JEMAD sebagai Parnert Perusahaan CV. Buah Segar Indonesia  dalam menggalakkan mengajak masyarakat untuk menanam Manggis dan Pinang Batara. 


"Kita mengucapkan terimakasih kepada Lembaga JEMAD dan CV. BSI yang sudah melibatkan Karang Taruna Jaya Mukti untuk menanam Manggis dan Pinang Batara," ucap Dede. 


Ketua Karang Taruna ini mengarahkan penanaman Manggis dan Pinang Batara di Simpang Jaya Mukti Jalan Janur Kuning di area Taman JM.


"Setelah mendengarkan penjabaran dari Dirut CV.BSI, bahwa prospek hasil Manggis dan Pinang Batara ini sangat menjanjikan. Oleh karena itu, insha allah akan menjadi Program Karang Taruna Jaya Mukti untuk mengajak masyarakat untuk menanam Manggis dan Pinang Batara di lahan atau area halaman rumah masing-masing." beber Dede Fernanda. 


Lanjut Dede," Ini adalah trobosan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Dumai, jika masyarakat Dumai mau menanam manggis dan pinang batara. Dan masyarakat tidak perlu khawatir untuk menjual buah manggis dan pinang, sebab sudah ada CV. buah Segar Indonesia yang merupakan Putra Dumai." ujarnya.


"Mari kita mulai dari sekarang menanam manggis dan pinang batara, jangan sampai kita menjadi pendengar dari daerah-daerah lain seperti yang disampaikan Datuk Amin." pungkas Ketua Karang Taruna Jaya Mukti ini.

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.