Kepulauan Meranti - Sebagai wujud melaksanakan tugas dan fungsi anggota Legislatif di bidang pengawasan, Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Meranti melakukan kunjungan kerja ke sejumlah Pemerintah Kecamatan (Pemcam) yang ada di Kabupaten termuda se-Provinsi Riau. 


Pasca kunjungan ke Kecamatan Pulau Merbau yang dilakukan beberapa waktu lalu, kali ini Komisi I kembali melaksanakan kunjungan kerja ke Pemerintah Kecamatan Rangsang Barat (Rasbar). 


Kali ini monitoring ke sejumlah Kecamatan dimaksudkan agar Pemcam serta Pemerintah Desa dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi berbagai tantangan pembangunan kedepan disegala aspek. 


Disela monitoring tersebut juga tampak dilapangan pihak Komisi I DPRD Meranti sempat berdialog guna menyampaikan beberapa persoalan, menampung aspirasi masyarakat melalui Camat dan para Kepala Desa se-Kecamatan Rangsang Barat, Rabu (07/04/2021).


Kunjungan kali ini dipimpin langsung Ketua Komisi I DPRD Meranti, Pauzi SE MIKom yang didampingi Wakil Ketua Komisi I, Boby Haryadi, sekretaris Komisi I, Al Amin A SPd, anggota Komisi I, Sopandi SSos, Darsini SM, Auzir, Khosairi SHi MPdi, Dr M Tartib SH MSi dan Dedi Putra SHi.


Kehadiran rombongan Komisi I DPRD Meranti terlihat disambut langsung Camat Rangsang Barat, Juwita Ratna Sari, SFarm APt beserta staf pemerintah Kecamatan Rangsang Barat dan para Kepala Desa se Kecamatan Rangsang Barat. Dalam pertemuan itu sejumlah Kepala Desa menyampaikan berbagai aspirasi, keluhan dan masukan terhadap persoalan diantaranya, terkait sistem pemerintahan, pembangunan, kesehatan, peningkatan ekonomi masyarakat, air bersih, hukum dan lain sebagainya.



Menyikapi aspirasi tersebut, Ketua Komisi I DPRD Meranti, Pauzi SE MIKom menyampaikan bahwa berbagai masukan, keluhan dan aspirasi yang disampaikan oleh Camat maupun Kepala Desa yang berkaitan dengan persoalan di bidang Hukum dan Pemerintahan, akan dibahas pada saat rapat kerja dengan OPD-OPD mitra Komisi nanti, selebihnya akan disampaikan kepada rekan-rekan Komisi lain di DPRD yang membidangi urusan terkait persoalan tersebut.


“Semua aspirasi bapak dan ibu kami tampung hari ini guna ditindaklanjuti dalam rapat kerja bersama Dinas terkait nantinya, namun aspirasi yang disampaikan tadi diluar bidang Komisi I yakni hukum dan pemerintahan maka tetap akan kami sampaikan dengan rekan Komisi lainnya sesuai bidang masing-masing untuk dapat segera dibahas, dan dicari jalan keluarnya nanti,” ucap politisi Partai Golkar itu.


Lebih lanjut Pauzi mengingatkan, secara umum dihimbau semua jajaran agar tetap menjaga sinergitas antara Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti sembari Kepala Desa melakukan pendataaan berbagai potensi pembangunan ekonomi masyarakat di desa serta diminta untuk memperhatikan dan menguasai aturan hukum yang berlaku agar terhindar dari persoalan hukum dikemudian hari dalam pelaksanaan berbagai kegiatan pemerintahan.


“Kami dari Komisi I menghimbau untuk penyelesaian segala bentuk pendataan administrasi pemerintahan dipandang perlu agar pemerintah desa memiliki data yang konprehensif. Hal ini penting dengan tujuan ketika suatu saat data tersebut dibutuhkan untuk berbagai program pembangunan baik ditingkat pemerintah daerah maupun pemerintah pusat, dalam hal ini Pemerintah Desa sudah siap dan lebih mudah kedepan,” bebernya.


Pauzi mengajak kepada Pemerintah Desa maupun Pemerintah Kecamatan perlu mempersiapkan diri dalam menyambut program strategis Pemkab Meranti sesuai program Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti saat ini. Disamping itu juga, perlunya Pemerintah Desa terus menjalin komunikasi yang baik dengan berbagai pihak terkait sehingga semua program dapat berjalan dan cita-cita kita bersama guna meningkatkan ekonomi masyarakat kedepan dapat tercapai dengan baik, ungkapnya.


Diakhir kunjungan, Komisi I bersama Camat dan Kepala Desa berkesempatan meninjau UPT Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Rangsang Barat yang beberapa waktu lalu telah dilaksanakan launching layanan Tanda Tangan Elektronik (TTE) Administrasi Kependudukan oleh Bupati Kepulauan Meranti, H Muhammad Adil SH.


Dimana melihat kondisi UPT Disdukcapil Rangsang Barat tersebut, Komisi I DPRD Meranti mendukung pembenahan fasilitas UPT dalam upaya meningkatkan pelayanan secara prima kepada masyarakat kedepan, dengan harapan UPT Disdukcapil Rangsang Barat benar-benar layak menjadi UPT Disdukcapil percontohan di Kepulauan Meranti nantinya. (ADV)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.