Sorotlensa.com - Sebanyak 23 wartawan dari media nasional dan lokal melakukan media visit ke lokasi Program Corporate Social Responsibility (CSR) binaan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit (RU) Sei. Pakning, Selasa (25/10/2022).


Para peserta kegiatan ini berasal dari 7 media nasional, dan 16 media lokal. Rombongan mengunjungi tiga lokasi program CSR PT KPI RU Sei. Pakning yaitu program pengolahan air gambut, program revitalisasi dan konservasi kawasan mangrove pesisir gambut, serta program pertanian lahan gambut ramah lingkungan.


Pjs. General Manager PT KPI RU II, Khabibullah Khanafie, saat menyambut rombongan Corporate Secretary PT KPI dan media nasional mengungkapkan bahwa kegiatan ini bermanfaat untuk terus menjaga hubungan baik antara perusahaan dengan rekan media maupun stakeholder lainnya.


"Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan rekan media selama ini yang terus memberitakan dan mengabarkan perkembangan positif atas kinerja perusahaan serta pelaksanaan program CSR kepada masyarakat luas. Harapannya pemberitaan program CSR Sei Pakning semakin masif sehingga dapat mendukung pencapaian Proper Emas 5 kali berturut-turut,” ujarnya.


Adapun Sr Officer II Comm. & Corp. Event mewakili Corporate Secretary PT KPI, Edward Manaor Siahaan, mengatakan bahwa melalui program media visit ini kami harapkan para wartawan bisa melihat langsung dan menceritakan program CSR yang dijalankan PT KPI RU Sei. Pakning ini agar semakin banyak yang tahu dan  terinspirasi sehingga dampak yang dirasakan menjadi semakin luas.


Rombongan media terlebih dahulu diajak mengunjungi Program Pengolahan Air Gambut yang terletak di Desa Lubuk Muda Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis. PT KPI RU Sei Pakning bersama Kelompok Tirta Muda mengembangkan teknologi filtrasi yang membuat air gambut yang tadinya berwarna cokelat kemerahan menjadi bening dan bersih.


Saat ini, program Filtrasi Air Gambut (Filagam) telah berhasil memproduksi 5.840 ton air bersih per tahunnya. Melalui pipanisasi yang dibangun, sebanyak 116 KK telah mendapatkan akses dan menerima manfaat air bersih ini. Selain itu, dengan teknologi Reverse Osmosis (RO), kelompok Tirta Muda telah berhasil menghasilkan Rp 86.400.000 per tahun dari hasil penjualan air minum.


Kades Lubuk Muda, Irawan, didampingi BPD Desa Lubuh Muda, ilham, mengakui program Filagam ini merupakan inisiasi dari PT KPI RU Sei. Pakning yang peduli terhadap kebutuhan masyarakat akan air bersih.


“Kami berterima kasih atas program dan dukungan PT KPI RU Sei. Pakning ini terutama dukungan akses infrastruktur dalam mengolah air gambut menjadi air bersih untuk memenuhi kebutuhan harian warga,” ujarnya.


Selanjutnya, rombongan media diajak melihat Program Revitalisasi & Konservasi Kawasan Mangrove Pesisir Gambut. Inovasi yang tercipta di program ini antara lain Triangle Mangrove Barrier (Trimba), Adaptable Pool with Auto Water Rotation (A-Pawon), dan Hybrid Solar Dryer System (HSDS). Melalui inovasi-inovasi tersebut, PT KPI RU Sei. Pakning dianugerahi Proklim Utama dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia.


Terakhir, rombongan media diajak berkunjung ke Program Pertanian Lahan Gambut Ramah Lingkungan yang telah direplikasi di tiga tempat, yaitu Kelurahan Sungai Pakning, Desa Batang Duku, dan Desa Sukajadi. Pada program ini, tercipta inovasi Fertilizer Injector (Ferin) yang membantu percepatan proses pemupukan, serta Poligowo yaitu metode penanaman polikultur.


Manager Production Sei. Pakning, Antoni R. Doloksaribu, menjelaskan bahwa program CSR yang dijalankan PT KPI RU Sei. Pakning dan kelompok diharapkan memberi manfaat dan bisa direplikasi di tempat yang lain.


“Program-program yang diinisiasi juga diharapkan menjadi tambahan pendapatan bagi warga setempat, dan hasilnya dikelola dengan baik sehingga tercipta program yang berkelanjutan,” jelasnya.


Pihaknya juga berharap program CSR yang telah bergulir ini bisa terus berjalan dengan baik serta kelompok pengelolanya tetap bersemangat sehingga programnya bisa terus berkembang ke arah yang lebih baik lagi sesuai dengan harapan bersama.

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.